Callum Hudson-Odoi, Bakat Muda dari Chelsea

Titik Kosong – Nama Callum Hudson-Odoi yang sebelumnya masih terdengar asing ditelinga beberapa penggemar sepakbola, kini namanya mulai menjadi headline di beberapa media sepakbola perihal dirinya yang kabarnya diminati Bayern Munchen.

Callum Hudson-Odoi, Bakat Muda dari Chelsea 1
Sumber gambar: skysports.com

Callum Hudson-Odoi adalah pemain kewarganegaraan Inggris yang mempunyai garis keturunan Ghana. Dia lahir pada tanggal 7 November 2000 di daerah Wandsworth, London. Kakak kandungnya, Bradley Hudson-Odoi, juga pemain sepakbola yang bermain untuk tim amatir, Wealdstone FC, di kompetisi National League South.

Berbeda dengan kakaknya yang belajar sepakbola di akademi Fulham. Callum Hudson-Odoi menghabiskan masa kecilnya di akademi Chelsea sejak pertama kali bergabung pada umur tujuh tahun. Callum selalu tampil regular di tim kelompok umur Chelsea.

Callum memulai debut bersama Chelsea under-18 pada Agustus 2016. Dia berhasil membawa tim menjadi juara Premier League U-18 2016/2017 dan FA Youth Cup U-18 2016/2017. Total dia mencetak 8 gol dan 11 assist pada musim tersebut.

Debut Tim Utama

Setelah tampil apik, Callum Hudson-Odoi dipromosikan ke tim under-23 saat usianya masih cukup belia, 16 tahun. Menjadi salah satu aktor penting tim nasional Inggris U-17 menjuarai Piala Dunia U17 di India. Callum tampil sebanyak tujuh laga dalam ajang tersebut.

Namanya mulai masuk tim utama Chelsea saat menjadi cadangan dalam laga EFL Cup menghadapi Bournemouth, 20 Desember 2017. Chelsea unggul 2-1 melalui gol Willian dan Alvaro Morata.

Intip juga:  Steven Bergwijn, Pemain Muda Belanda yang Diminati Banyak Klub Eropa

Debut bersama tim utama Chelsea untuk Callum Hudson-Odoi hadir sebulan kemudian. Tepatnya pada tanggal 28 Januari 2018, masuk menggantikan Pedro pada menit ke-81 saat Chelsea sudah unggul 3-0 atas Newcastle di Stamford Bridge dalam ajang Piala FA. Tidak merubah skor memang, tapi tentu menjadi 9 menit yang berpengaruh bagi dirinya.

Debut pertamanya di Liga Inggris, terjadi tiga hari setelah menghadapi Newcastle dalam kekalahan tiga gol Chelsea atas Bournemouth di kandang. Callum tampil sebagai pemain pengganti pada laga tersebut.

Harapan Bersama Sarri

Setelah Maurizio Sarri datang ke Chelsea, kepercayaan diberikan Sarri kepada Callum melihat penampilannya saat pramusim dengan memberikannya satu tempat di tim utama Chelsea. Callum langsung masuk starting line-up saat menghadapi Manchester City di ajang Community Shield.

Total penampilan sejauh ini, Callum sudah mengoleksi 9 laga bersama tim utama Chelsea di semua ajang termasuk Europa League. Penampilan menghadapi Nottingham Forest, 5 Januari 2019 lalu membuat dirinya menjawab kepercayaan pelatih dengan dua assist untuk dua gol Alvaro Morata. Pencapaian tersebut menambah jumlah kontribusinya untuk The Blues menjadi 1 gol dan 3 assist.

Isu Transfer ke Bayern Munchen

Saat ini Bayern Munchen sedang gigih membujuknya untuk pergi meninggalkan Stamford Bridge. Mereka dikabarkan berani memberikan jaminan bermain di tim utama pada Callum. Pemain muda itu juga dikabarkan cukup tergiur dengan tawaran itu, mengingat Chelsea yang tidak bisa memberikan jaminan yang sama mengenai kesempatan tersebut.

Intip juga:  Maximiliano Romero, Pemain Muda yang Mulai Menjajaki Sepak Bola Eropa

Callum Hudson-Odoi masih cukup muda dan tentunya membutuhkan banyak kesempatan bermain di tim utama. Usianya yang masih 18 tahun, dengan kecepatan dan kemampuan teknik yang dimilikinya, mungkin beberapa tahun ke depan namanya akan menjadi salah satu pemain yang perlu diwaspadai.

Isu transfer tentang Callum masih berlanjut. Kita tunggu saja kepastian masa depan pemain berbakat ini.


Feature image source: standard.co.uk

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *