Melihat Capaian Petr Cech yang Putuskan Gantung Sepatu Akhir Musim Nanti

Titik Kosong – Petr Cech memutuskan gantung sepatu di akhir musim setelah dua puluh tahun karirnya di dunia sepakbola. Pria kelahiran Plzen ini menghabiskan sebagian besar waktu bermain sepak bolanya di Liga Inggris bersama Chelsea, dan timnya saat ini Arsenal.

Melihat Capaian Petr Cech yang Putuskan Gantung Sepatu Akhir Musim Nanti
Sumber gambar: independent.co.uk

Awal perjalanan karir penjaga gawang dimulai di kompetisi lokal negaranya. Menghabiskan tiga tahun bermain di kompetisi lokal Czech Premier League bersama dua tim Chmel Blšany (1999-2001) dan Sparta Praha (2001-2002).

Pada Juli 2002, Cech memutuskan memulai perantauannya bersama Rennes dan bertahan dua tahun bersama klub asal Perancis tersebut. Namanya lebih dikenal ketika bermain untuk Chelsea pada periode 2004 – 2015 sebelum memutuskan pindah ke rival sekota, Arsenal.

Menghabiskan sebelas tahun bersama Chelsea, Petr Cech berhasil mempersembahkan empat gelar Liga Inggris, satu Liga Champions Eropa dan Europa League, serta empat gelar FA Cup. Kiper yang khas dengan penutup kepalanya itu, keseluruhan mengoleksi 493 laga bersama The Blues di semua ajang.

Setelah kedatangan Thibaut Courtouis ke Chelsea pada tahun 2015, dirinya memutuskan menyeberang ke Arsenal. Bersama Arsenal, sejauh ini Cech sudah mengoleksi 129 laga dan mempersembahkan satu gelar FA Cup untuk the Gunners.

Penggemar Liga Inggris tentunya akan merasa kehilangan sosok legenda seperti Petr Cech. Aksi penyelamatannya saat berseragam Chelsea maupun Arsenal mulai musim depan tidak akan kita lihat lagi. Menurut data situs Transfermarkt, dari 443 laga di Liga Inggris bersama dua tim tersebut, sebanyak 203 laga Cech berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan. Sebuah capaian yang bukan main-main bagi seorang kiper.

Intip juga:  Manchester United Taklukkan Tottenham Hotspur di Wembley

Nama Petr Cech masuk dalam daftar penjaga gawang tersuskes di Liga Inggris sejauh ini dengan empat gelar yang diperolehnya. Hanya kalah dari Peter Schmeichel bersama Manchester United dengan lima gelarnya.

Musim ini kesempatan bermain dengan Arsenal di bawah pelatih Unai Emery cukup sedikit. Kedatangan Brnd Leno membuat posisinya sebagai kiper utama Arsenal selama tiga tahun terakhir tergeser. Kontraknya yang habis di akhir musim dan usianya yang sudah 36 tahun membuatnya memutuskan untuk gantung sepatu.

Thank you, Legend!


Feature image source: whig.com

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *