Sandro Tonali, Gelandang Muda Italia

Titik Kosong – Penggemar sepak bola tentunya mulai tidak asing mendengar nama Sandro Tonali. Pemain muda Italia ini memang sedang diminati banyak klub besar Eropa. Juventus, Inter Milan, AS Roma, Liverpool, dan beberapa klub besar lainnya dikabar sedang memantau perkembangan pemain tengah Brescia ini.

Sandro Tonali, Gelandang Muda Italia 1
Sumber gambar: airpoli.blogspot.com

Sandro Tonali adalah pemain kelahiran Lodi, Italia bagian utara, pada tanggal 8 Mei 2000. Usianya baru 18 tahun, tetapi kemampuannya dianggap sangat mengangumkan untuk pemain seusianya. Mungkin itulah yang menarik minat klub-klub besar mendekatinya.

Tonali mengawali karir sepak bolanya di tim muda Piacenza, sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Brescia pada tahun 2012. Bersama Brescia, bakat besarnya sebagai gelandang bertahan atau deep-lying playmaker mulai menarik minat klub-klub besar Eropa. Tonali dianggap sebagai pemain yang mempunyai visi bermain dan kualitas yang baik di lini tengah.

Meski bermain untuk tim kasta kedua Italia, Tonali mampu menjadi pilihan utama Brescia sejak memulai debutnya pada 2017. Dirinya sudah mengemas 38 penampilan dengan 4 gol dan 7 assist berhasil dia ciptakan. Suatu pencapaian yang bagus mengingat posisinya sebagai gelandang bertahan.

Di kancah internasional, Tonali juga mampu tampil mengesankan sebagai gelandang bertahan dengan membawa tim Italia U-19 menjadi runner-up Piala Eropa di tahun 2018. Saat itu  Italia U-19 kalah 3-4 dari Portugal di partai puncak. Hal itu pula mungkin yang membuat pelatih timnas senior Italia, Roberto Mancini, memberikan kesempatan dengan memanggil Tonali pada November 2018. Kesempatan yang bagus bagi pemain 18 tahun, meskipun belum mendapatkan kesempatan debutnya.

Intip juga:  Abdülkadir Ömür, Bakat Muda Sensasional Turki

Sandro Tonali menjelma menjadi gelandang muda yang digadang-gadang bakal mempunyai masa depan yang cerah. Tentunya tidak lepas dari apa yang dia tampilkan bersama Brescia maupun dengan tim muda Italia. Tonali menjelma menjadi gelandang bertahan yang mempunyai akurasi umpan cukup bagus dan kreatif dalam menciptakan variasi serangan di sepertiga akhir lapangan.

Jadi tidak mengherankan apabila klub-klub besar berusaha memperebutkannya. Namun, kepindahannya masih belum akan terjadi karena Tonali masih memiliki misi membawa Brescia promosi ke Serie A di musim ini.

Dengan bakatnya yang luar biasa tentunya bukan tidak mungkin, Tonali akan menjadi andalan salah satu klub besar di Eropa dalam beberapa tahun mendatang.


Feature image source: bleacherreport.com

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *