Abdülkadir Ömür, Bakat Muda Sensasional Turki

Titik Kosong – Kompetisi SüperLig, liga divisi tertinggi sepak bola Turki, memunculkan nama bintang baru dalam diri Abdülkadir Ömür. Pemain yang membela Trabzonspor ini disebut-sebut sebagai bakat muda Turki yang diprediksi mempunyai masa depan menjanjikan.

Abdülkadir Ömur, Bakat Muda Sensasional Turki
Sumber gambar: istiklal.com.tr

Abdülkadir Ömür merupakan pemain kelahiran Trabzon pada 25 Juni 1999. Karir sepak bolanya sejauh ini memang masih berkutat di Turki. Bersama Trabzonspor, Ömür memulai debut profesionalnya pada awal tahun 2016. Sampai sejauh ini Ömür sudah mengemas total 63 laga di semua kompetisi, dengan 6 gol dan 12 assist berhasil dia catatkan.

Nama Ömür menjadi perbincangan beberapa media belakangan ini, terkait kabar bahwa dirinya diminati klub asal Inggris, Liverpool. Kabar tersebut berhembus kencang pada bursa transfer Januari lalu, tetapi belum ada kesepakatan yang terjadi antara Trabzonspor dan Liverpool. Meski begitu, The Reds dikabarkan akan terus memantau perkembangan Ömür di Turki.

‘Lionel Messi Dari Turki’

Abdulkadir Ömür mempunyai postur yang cukup mungil untuk ukuran pemain Eropa dengan tinggi 168 cm. Namun, hal itu ditutupi dengan kemampuan olah bola dan kecepatan yang Ömür miliki. Pemain yang mahir bermain di sisi sayap kanan ini memiliki kecenderungan kaki kiri yang lebih dominan.

Ömür seringkali merepotkan pemain lawan dengan kemampuan dribblenya sehingga tidak jarang tackle keras harus dilakukan untuk menghentikannya. Gaya bermainnya dinilai mempunyai kemiripan dengan Lionel Messi, yang mengandalkan skill individu untuk mengelabuhi lawan dan mencetak gol.

Intip juga:  Harvey Barnes, Pemain Berbakat Leicester yang Semakin Matang

Bakat Lokal, Di antara Hujan Pemain Asing

Kompetisi liga kasta teratas Turki, SüperLig, memang menjadi tempat para pemain bintang yang sudah berumur untuk memperpanjang karir sepak bolanya. Nama-nama seperti Robin van Persie, Wesley Sneijder, atau Didier Drogba pernah tampil di kompetisi tersebut. Bahkan Ricardo Quaresma yang sampai saat ini masih menjadi bagian Besiktas.

Banyaknya pemain asing yang masuk ke Turki, tidak lepas dari peraturan diperbolehkannya klub mendaftarkan 14 pemain asing untuk kompetisi SüperLig mulai musim 2015/2016. Hal ini sebenarnya pernah menjadi pertentangan oleh pelatih Turki, Mircea Lucescu. Peraturan tersebut dianggap menyebabkan banyak pemain muda lokal harus terlalu cepat merantau ke kompetisi negara lain dan banyak yang tidak mendapat jam terbang.

Tidak selamanya buruk memang, buktinya nama Ömur berhasil muncul di antara serbuan pemain impor tersebut. Selain itu ada pemain muda asli Turki lain yang bersinar dan menjadi andalan klubnya seperti pemain asal Istanbul Başakşehir, Irfan Kahveci dan rekan setim Ömür di Trabzonspor, Yusuf Yazici.

Masa Depan Timnas Turki

Abdulkadir Ömür sejauh ini memang belum mendapatkan caps bersama timnas senior Turki. Namanya pernah dipanggil oleh Mircea Lucescu pada Maret 2018, tetapi dalam laga persahabatan menghadapi Republik Irlandia  nama Ömür hanya mengisi daftar pemain pengganti.

Di umurnya yang masih 19 tahun, tentunya masih banyak waktu bagi Ömür untuk mendapatkan kesempatan debutnya untuk timnas senior Turki. Berbekal kemampuan luar biasa yang dimilikinya saat ini, tinggal bagaimana dirinya terus meningkatkan level permainannya, bukan tidak mungkin nama Abdulkadir Ömür bakal menjadi andalan masa depan timnas Turki.

Intip juga:  Nicolo Barella Banjir Peminat, Chelsea Paling Giat Memikat

Feature image source: gunes.com

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *