Wisata Gunung Indonesia yang Tak Boleh Terlewatkan

Titik Kosong – Indonesia termasuk ke dalam sebuah wilayah tempat bertemunya pegunungan Sirkum Pasifik dan Sirkum Medeterania. Oleh karena itu pilihan wisata gunung di Indonesia tersedia cukup banyak. Banyak sekali pegunungan yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai sekarang tidak sedikit juga yang masih aktif.

Walaupun jika dibayangkan akan terlihat menyeramkan, namun memiliki banyak pegunungan membuat Indonesia lebih unik dan berbeda dengan negara lain. Pegunungan tidak hanya memberi sesuatu yang berbahaya namun juga panorama alam yang menakjubkan.

5 Wisata Gunung di Indonesia dengan Panorama Menakjubkan

Wisata Gunung Ijen di Jawa Timur

Wisata Gunung Ijen di Jawa Timur
Sumber gambar: hipwee.com

Bagi Anda yang berada di Jawa Timur khususnya Banyuwangi, mungkin susah tidak asing lagi dengan Gunung Ijen. Lokasinya sebenarnya berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso. Dengan ketinggian 2.443 meter dpal, panorama yang disajikan sangat menakjubkan. Di sana terdapat kawah asam terbesar di dunia berwarna hijau.

Wisata Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat

Wisata Gunung Rinjani
Sumber gambar: travel.tempo.co

Gunung Rinjani terletak di sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan. Ya, Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat, tidak hanya menyimpan permata di dasar lautnya, namun juga pada pegunungannya termasuk salah satunya adalah Gunung Rinjani. Memiliki ketinggian 3.726 meter, Anda akan disuguhi pemandangan padang savana yang ditumbuhi bunga eidelwis. Selain itu, Danau Segara Anak juga tidak kalah menakjubkan.

Intip juga:  Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Gunung Prau di Jawa Tengah

Gunung Prau Jawa Tengah
Sumber gambar: travelblog.id

Bagi pemburu spot foto matahari terbit atau tenggelam, Gunung Prau adalah tempat yang cocok untuk menikmati fenomena tersebut. Letak Gunung Prau berada pada kawasan dataran tinggi Dieng dengan ketinggian 2565 meter. Puncaknya yang tidak terlalu tinggi membuat trek pendakiannya lebih mudah dari gunung lain sehingga cocok untuk para pendaki pemula.

Gunung Semeru di Jawa Timur

Gunung Semeru Jawa Timur
Sumber gambar: walterpinem.me

Mungkin sudah banyak yang mengetahui keindahan gunung ini karena memang sempat menjadi latar tempat sebuah film. Keindahan menakjubkan tersebut memang benar adanya. Berlokasi di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Gunung Semeru ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Di sana terdapat danau yang termasuk danau terindah di Indonesia bernama Ranu Kumbolo. Pendaki bisa mendirikan tenda di sana untuk beristirahat hingga melanjutkan perjalannya.

Share this:

Dian Nita

Content Writer dari Ngawi Jawa Timur yang masih setia jadi ARMY setiap detiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *