Belajar dari Kehilangan Agar Tahu Pentingnya Menjaga

Titik Kosong – Meskipun terasa sakit, faktanya ada hal baik yang bisa kita ambil dari pahitnya kehilangan. Ya, belajar dari kehilangan itu sendiri. Belajar untuk kedepannya tahu, betapa pentingnya kita menggenggam sesuatu yang tidak ingin kita lepaskan.

Belajar dari Kehilangan Agar Tahu Pentingnya Menjaga
Sumber gambar: dream.co.id

Kehilangan memang Menyakitkan

Kehilangan sesuatu atau seseorang yang kita miliki memang sangat menyakitkan. Terlebih jika kita sangat menyayanginya. Tak heran jika rasa sakit itu cenderung lama untuk disembuhkan. Sekalipun kita mencoba untuk ikhlas dan sudah berusaha untuk merelakan, tetap saja luka ketika ingat hal itu bisa membuat kita kembali merasa kesakitan.

Penyesalan kerap juga datang bersama rasa sakit. Kadang ada juga amarah yang ikut melengkapi. Semua itu menjadi salah satu bukti mengapa kehilangan punya rasa sakit yang kompleks. Rasa sakit yang lengkap dan berkepanjangan. Kita pun juga paham hukumnya, semakin kita menyayanginya, semakin dalam juga luka yang timbul dari kehilangan itu sendiri.

Bangkit dari Kehilangan

Rasa sakit karena kehilangan perlahan akan pudar seiring berjalannya waktu. Yang terpenting, kita harus bisa bangkit dari rasa sakit itu. Memang, kekecewaan dan lara yang timbul tidak akan dengan begitu saja mudah untuk disembugkan. Namun kita harus berusaha untuk bisa menyembuhkannya.

Intip juga:  Sembuh dan Bangkit dari Patah Hati

Rasa kehilangan tak jarang juga bisa membuat kita trauma. Takut jika saja kita akan kehilangan untuk kedua kalinya. Takut apabila kita akan gagal lagi menjaga sesuatu atau seseorang yang kita cintai.

Wajar kita pasti merasa was-was. Akan tetapi, kita tidak boleh kalah dengan rasa takut itu. Justru dari semua rasa sakit ini kita harus bangkit dan belajar. Bangkit untuk berani menatap ke depan dengan pikiran yang positif. Move on. Kita harus melewati ini semua dengan baik.

Belajar dari Kehilangan untuk Bisa Lebih Menjaga

Dari semua hal yang sudah terjadi, kita harus pandai mengambil sisi positifnya. Belajar dari kehilangan. Kita harus bisa mengerti bahwa kehilangan sesuatu yang kita cintai mengajarkan kita untuk bisa lebih menjaga. Dan dari sini kita harus tahu betapa pentingnya menjaga sesuatu yang tidak ingin kita lepaskan itu. Karena jika kita sudah kehilangannya, kecil kemungkinan bagi kita untuk memilikinya lagi. Karena jika kita sudah kehilangannya, besar kemungkinan kita tidak akan bisa menggenggamnya lagi.

Untuk itu, kita harus belajar dari kehilangan ini. Mulai saat ini, pintar-pintarlah menjaga sesuatu yang berharga. Jangan sampai penyesalan datang untuk keduakalinya dikemudian hari karena kebodohan kita yang tidak mampu belajar dari semua yang sudah terjadi.

Yang lalu biarlah tetap jadi masa lalu, asal masa kini bisa kita perbaiki, dan masa depan akan lebih kita usahakan.

Share this:

Kavylla Devy

Pengagum bahasa yang masa kecilnya lebih banyak dilalui untuk bercinta dengan Matematika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *