Tips Belajar Efektif Bagi Kamu yang Ambisius

Titik Kosong – Sebenarnya, kegiatan belajar itu bisa kamu maksimalkan jika kamu tahu strateginya. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa menciptakan metode belajar yang efektif agar kamu dapat menguasai mata pelajaran yang difokuskan. Tips-tips belajar efektif berikut ini dibagi menjadi tiga bagian yakni kapan waktu yang tepat untuk belajar, suasana yang bagus untuk belajar, dan metode belajar itu sendiri.

Tips Belajar Efektif
Sumber gambar: id.pinterest.com

Tips Belajar Efektif

Waktu yang efektif

Jika kita berbicara waktu yang tepat untuk belajar, ada berbagai versi yang muncul, misalnya waktu subuh, malam hari, dan lain sebagainya.

Pukul 08.00-12.00: pada jam-jam tersebut, otak akan terasa lebih fresh dan siap untuk menyelesaikan persoalan-persoalan menghitung, nama-nama dan lokasi seperti pelajaran matematika, fisika, kimia, biologi dan sejarah. Jangan lupa, kamu juga harus sarapan terlebih dahulu agar tetap fokus dan tidak mengantuk.

Pukul 12.00-14.00: pada jam-jam ini, sebaiknya kamu beralih mata pelajaran dari persoalan eksak ke seni atau bahasa. Karena pada jam ini, otak akan menghasilkan ide-ide cemerlang. Jangan lupa juga untuk makan siang supaya kamu tambah lebih fresh!

Pukul 18.00-20.00: pada malam hari, sebaiknya kamu manfaatkan untuk mereview apa yang kamu pelajari siang tadi. Cukup mereview saja ya, karena pada jam ini, otak sudah mulai lelah!

Intip juga:  Ini 5 Tips Jitu yang Harus Dilakukan Saat Merintis Bisnis Online

Suasana belajar

Untuk suasana yang efektif untuk belajar, itu tergantung masing-masing orang, karena ada beberapa orang yang lebih bisa berkonsentrasi ketika hening, namun juga ada beberapa orang yang harus mendengarkan musik terlebih dahulu. Nah, sekarang, kamu lebih suka yang mana?

Metode belajar efektif

Untuk metode belajar, sebaiknya kamu jangan menghafal pelajaran namun lebih ke memahaminya. Kamu bisa menggunakan metode latihan soal atau praktik langsung. Itu akan lebih efektif daripada kamu menghafal isi pelajaran.

Untuk mempermudah mempelajarinya, kamu juga harus membuat rangkuman materi yang mudah untuk dibaca dan dipahami tentunya. Catat pokok-pokok atau intisari dari setiap bab, ya.

Semoga tips belajar ini bermanfaat untukmu. Tetap semangat ya, karena semangat dalam belajar ini adalah salah satu kuncinya agar apa yang kita pelajari bisa kita serap dengan baik. Selamat belajar. 🙂

Share this:

Dian Nita

Content Writer dari Ngawi Jawa Timur yang masih setia jadi ARMY setiap detiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *